Tes Akhir Panwas, Abdul Rakhim Presentasikan Pengawasan Politik Uang

0
101
Abdul Rakhim (fathul)

MALANGVOICE – Tes terakhir menuju Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Batu diselenggarakan hari ini. Enam orang anggota yang masih bertahan diuji satu persatu oleh empat pemateri dari Bawaslu Provinsi.

Enam orang ini adalah Abdul Rakhim, Adi Wiyono, Mokhamad Khoirul Anwar, Salma Safitri, Suntoro, dan Supriyanto. Jadwal tes sendiri diperkirakan akan berakhir sore ini pukul 17.00 WIB.

“Tadi saya mendapat kesempatan pertama. Selama satu jam saya di ruangan sendiri ditanya berbagai macam soal teknis dan strategi pengawasan,” ungkap Abdul Rakhim kepada MVoice, di depan Balai Kota Lama, beberapa menit lalu.

Selama 15 menit awal, Abdul hanya presentasi mengenai strategi pengawasan Pilkada, khususnya pengawasan jika ada money politics. Kemudian selama 45 menit berikutnya, masing-masing panelis memberikan pertanyaan dan sanggahan dari jawaban calon Panwas.

“Yang paling susah pertanyaan seputar UU terbaru, khususnya terkait kegiatan kampanye yang bisa diakomodir menggunakan uang Paslon dan KPU. Selain itu normal seperti biasa,” ujarnya optimis.

Mantan anggota Panwaslu tahun 2014 ini juga memaparkan di hadapan panelis, pihaknya akan mengintensifkan koordinasi dengan seluruh elemen guna memperkecil potensi pelanggaran yang ada.

“Kita juga menjelaskan bagaimana langkah-langkah penyelesaian pelanggaran, syukur-syukur bisa mencegah supaya nggak ada pelanggaran,” imbuhnya.