Ternyata, Tanaman Liar Juga Bisa Jadi Puding

0
579
Puding dari sirih air
Puding dari sirih air

Puding dari sirih airMALANGVOICE-Tanaman liar jangan keburu dimusnahkan, karena bisa saja dimanfaatkan. Bahkan bisa disulap menjadi kudapan yang tidak hanya lezat namun juga sehat.

Contohnya tanaman liar sirih air yang memiliki bentuk kecil. Tanaman ini bisa dibuat menjadi campuran puding. Tidak hanya kaya serat melainkan kaya manfaat.

Caranya, daun sirih air diambil sekitar satu genggaman tangan. Kemudian dicuci bersih dan diblander. Setelah menjadi sari daun sirih air, direbus bersama menggunakan bubuk agar-agar.

Juga dicampurkan dengan susu kental manis dan sedikit gula. Puding daun sirih air ini inovasi dari ekskul Karya Ilmiah Remaja SMAN 2 Malang.

“Cara memasaknya sama seperti puding pada umumnya. Kemudian dicetak menggunakan cetakan,” jelas guru pembina, Rucima Achmad MPd kepada MalangVoice.

Dia menjelaskan, manfaat daun sirih air ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol dan melancarkan peredaran darah. “Banyak manfaatnya. Bahkan sudah dibuat ekstraknya,” tandasnya.