Ternyata Menangis Juga Ada Manfaatnya…

0
20
Menangis (fitnesspaper.com)

MALANGVOICE – Jangan menahan tangis. Jika merasa sedih dan ingin menangis, maka luapkan saja. Menangis bisa jadi satu cara untuk merasa lebih baik dan bahagia, kata Jodi De Luca Ph D, seorang psikolog klinis di Boulder, Colorado.

Bahkan, begitu menyadari efek positif yang ditimbulkan setelah menangis, beberapa hotel di Amerika telah menyediakan ruang khusus untuk menangis, seperti di-upload dalam akun Tumblr milik NYC Crying Guide.

Apa manfaat menangis?

1. Meningkatkan Semangat
Sekitar 50 persen orang akhirnya merasa lebih bahagia setelah melewati sesi menangis, kata Ad Vingerhoets Ph D, peneliti tangis di Tilburg University di Belanda.
Bila suasana hati membaik, maka seseorang dinilai bisa berpikir lebih jernih dalam menghadapi persoalan sehingga mudah menemukan solusi.

2. Pereda Stres
Menangis ternyata merangsang sistem saraf pada otak yang bertugas dalam hal relaksasi.

Menangis meningkatkan kadar hormon oksitosin yang memicu perasaan bahagia.

Menariknya, oksitosin yang disebut juga dengan “hormon kedekatan”, bisa membuat kita merasa lebih dekat dengan siapa pun yang menawarkan bahunya saat menangis.

3. Tambahan Dukungan
Pada zaman purba, menangis adalah cara untuk mencari bantuan dan cara untuk memberitahu kalau mereka dalam kesulitan. Cara tersebut ternyata masih berlaku sampai saat ini.

Bahkan, studi menemukan, orang akan merasa lebih empati ketika melihat foto wajah orang yang mengeluarkan air mata daripada tidak.-
sumber: womenshealth.com