Terganggu Abu Bromo, Bandara Abd Saleh Ditutup Sementara

0
15
Bandara Abd Saleh Malang. (deny)

MALANGVOICE – Kepala UPT Bandara Abd Saleh, Kecamatan Pakis, Suharno, membenarkan penutupan bandara sejak Jumat hari ini pukul 09.30 WIB hingga Sabtu (12/12) besok, pukul 09.30.

Penutupan itu lantaran pengaruh abu vulkanik Gunung Bromo. “Penutupan ini demi keselamatan penumpang. Karena jalur penerbangan tertutup abu vulkanik,” jelasnya.

Dikatakan, meski Gunung Bromo mulai aktif 4 Desember lalu, namun tidak sampai mengganggu penerbangan dari dan menuju Abd Saleh.

Sebelum resmi ditutup, Jumat pagi tadi, masih ada dua penerbangan yakni Citilink dan Sriwijaya Air dari Jakarta-Malang berhasil landas. ”Tapi kondisi itu bisa berubah melihat situasi terkini Bromo,” tambahnya.

Atas penutupan itu, delapan penerbangan terpaksa dibatalkan, yakni tujuh penerbangan jalur Jakarta-Malang, dan satu penerbangan Denpasar-Malang,. Semuanya dialihkan ke Bandara Juanda, Surabaya.

Para penumpang juga sudah diberitahu tentang penutupan ini dan mereka diminta sabar serta maklum karena hal itu.

“Sudah kami umumkan berkali-kali, melalui pengeras suara atau lewat maskapai sendiri. Sementara banyak peumpang yang bisa mengalihkan penerbangan dari dan ke Juanda,” terangnya.-