Terbukti Bagi Bingkisan, George: Copot KPPS Krajan!

0
15
George da Silva saat menerima laporan pembagian sarung berstiker calon bupati. (fathul)

MALANGVOICE – Komisioner Panwaslu Kabupaten Malang, George da Silva, merekomendasikan pencopotan anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) Dusun Krajan, Desa Kalipare, Kecamatan Kalipare, bila terbukti menyalahgunakan tugasnya.

Hal itu ditegaskan George, setelah menerima laporan pembagian sarung berstiker ajakan mencoblos Paslon Bupati dan Wakil Bupati Malang nomor urut 1, Rendra Kresna – HM Sanusi.

“Kalau terbukti, hari ini juga saya rekomendasikan KPU supaya anggota KPPS dicopot. Ganti dengan yang lain, tidak peduli waktunya mepet, copot!” tegas George.

Menurutnya, setelah menerima laporan, pihaknya sudah meminta Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kalipare agar memanggil Kepala Dusun Krajan dan Ketua RT yang juga anggota KPPS yang terlibat pembagian bingkisan politik.

“Kalau Kasun dan Ketua RT sebagai pegawai pemerintah, itu urusannya lain. Kami harus klarifikasi dulu, membuat kajian, baru ada rekomendasi berdasarkan kajian apakah ada pelanggaran pidana atau administrasi,” imbuhnya.

Sebagaimana diberitakan, relawan Malang Anyar Kalipare menemukan sarung berstiker Rendra-Sanusi. Setelah diusut, Ketua RT 13 membantu menyebarkan atas instruksi Kasun Krajan. Ada 19 sarung yang dibagikan, namun baru 10 sarung yang ditemukan sebagai barang bukti.-