Terbangium, Aplikasi Android Musik Terbangan Ciptaan Siswa SMAN 1

0
186
Ketiga siswa ini ciptakan Terbangium (anja)
Ketiga siswa ini ciptakan Terbangium (anja)

MALANGVOICE – Jika masyarakat pengguna OS Android umumnya akrab dengan game atau aplikasi simulasi instrument musik piano, drum, dan gitar. Tiga siswa SMAN 1 Malang malah menciptakan aplikasi Android baru, Terbangium. Terbangium merupakan aplikasi simulasi bermain alat musik tradisional terbang.

Rifqi Fauzan, Ahmad Syafiq,Deva Alfianto, ketiga siswa kelas XII ini menciptakan Terbangiup apps sebagai alternatif dalam mengaransemen musik Islami.

“Kami ciptakan aplikasi ini berdasarkan pengalaman pribadi waktu latihan terbangan. Kami terkendala di waktu latihannya nggak pernah bisa bareng-bareng. Terus perlu banyak orang juga kalau latihan. Kalau pake aplikasi ini, semua bisa disimulasi jadi tidak perlu banyak orang,” kata Rifqi kepada MVoice.

Fitur aplikasi termasuk partitur, merekam suara, dan juga input suara terbang ke aplikasi. Alhasil, si pengguna bisa berlatif sendiri dirumah tidak harus menunggu anggota grup terbang berkumpul lengkap. Caranya mudah, tinggal sentuh layar saja.

Ada lingkaran kecil bertuliskan ‘dum’ dan ‘tek’. ‘Dum’ mewakili suara bagian tengah terbang ketika dipukul. Sedang ‘tek’ mewakili suara samping terbang.

Dibuat melalui proses panjang selama dua bulan dan dibantu oleh teman yang bisa programming, Rifqi mengakui aplikasinya masih belum sempurna.

“Masih lemot. Kadang error juga. Masih dalam tahap penyempurnaan,”tukasnya.

Rencananya, Rifqi dan kawan-kawannya akan mencari developer untuk mengembangkan aplikasinya. Mereka pun berusaha mengajak kerjasama Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya.

“Harapannya bisa segera nemu developer. Jadi aplikasi ini bisa segera didownload di Playstore,” katanya.

Berkat kreatifitas mereka, Terbangium menjadi juara pertama pada Olimpiade Penelitian Siswa (OPSI) 2016 se-Kota Malang. Selanjutnya akan mewakili Malang di OPSI tingkat provinsi.