Teken MoU, UMM Kirim Peneliti ke Tiongkok

0
39

MALANGVOICE-Kunjungan Open University Republik Rakyat Tiongkok (RRT) ke Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) selama sepekan berakhir hari ini. Kedua belah pihak sepakat meneken Memorandum of Understanding (MoU). Rektor UMM, Fauzan, menandatangani langsung MoU itu, didampingi Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UMM, Prof Sujono MKes.

Dari pihak Open University RRT, penandatanganan dilakukan President Xiamen Runde Yuan Investment Corporation, Wang Xioming dan Direktor Laboratory of Tropical Medical Plants Resource, Tropical Crops Genetic Resource Institute, Chinese Academy of Tropical, Pang Yuxin didampingi Senior Engineering Manager Open University RRT, Pan Hanliang.

UMM2

Rektor UMM, Fauzan, menerangkan, poin kerjasama yang disepakati kedua belah pihak, diantaranya pengiriman dosen ke beberapa perusahaan di Tiongkok milih Xiamen Runde Yuan Investment Corporation untuk belajar pembudidayaan kentang hitam, jamur, dan blueberry. “Hasil belajar dan riset bersama di Tiongkok akan diaplikasikan di Malang dan Batu,” katanya.

Dijelaskan Direktur DPPM UMM, Prof Sujono MKes, pihak Tiongkok tertarik untuk membuat beberapa tanaman tropis ini menjadi obat herbal. “Indonesia ini kan penuh dengan tanaman tropis, dan pihak dari Tiongkok sudah mengetahui tanaman apa saja yang bisa dijadikan obat.

“Ke depan juga akan dibangun perusahaan obat herbal itu di Malang, yang menghasilkan produk hasil riset bersama antara UMM dan Tiongkok,” ujarnya.

Sujono berharap, kerjasama ini dapat meningkatkan mutu dosen dan penelitian UMM. Kerjasama ini juga diharapkan meningkatkan poin akreditasi institusi dibidang penelitian dan pengabdian masyarakat. “Kerjasama internasional kan masuk dalam poin akreditasi, tentu sangat berpengaruh,” ucapnya.

Rombongan dari Tiongkok ini sudah berada di UMM sejak Senin (22/2). Mereka kemudian diajak berkeliling di beberapa pusat studi dan laboratorium yang dimiliki UMM. Mereka juga dipamerkan beberapa hasil riset yang dimiliki UMM.