Tata Kelola Arsip Harus Ditingkatkan

0
23
Kepala Perpustakaan Endang Suyatika
Kepala Perpustakaan Endang Suyatika (Hamzah)

MALANGVOICE – Kantor Arsip Daerah dan Perpustakaan Kota Malang menekankan pentingnya pengarsipan untuk meyimpan beberapa data yang sangat penting.

Asisten Administrasi Umum Yudhi K Ismawardhi mengingatkan pentingnya pengarsipan yang baik dan benar, sehingga tujuan freedom of information , free flow information akan terlaksana.

“Saat ini bagian kearsipan masih dianggap sebelah mata. Padahal arsip sangat dibutuhkan dan sangat penting,” kata Yudhi.

Kepala Perpustakaan Endang Suyatika mengaku akan menggelar bimtek kearsipan secara rutin setiap tahunnya. Sehingga dengan demikian tata kelola arsip dapat dijalankan dengan baik.

Ia juga berharap nantinya, Kota Malang memiliki depo Arsip yang representatif minimal empat lantai. Saat ini arsip yang dimiliki oleh SKPD disimpan di Depo Arsip yang berada di Jalan Bingkil setelah melalui beberapa langkah pengelolaan.

“Arsip – arsip yang disimpan di depo Arsip Daerah Kota Malang diantaranya arsip kependudukan, arsip pemerintahan, arsip kepemilikan, Arsip kepegawaian, arsip keuangan dan arsip lainnya,” tuturnya.