Tangan Kanan Wali Kota, Satpol PP Harus Humanis

0
49
Satpol PP dan Linmas saat berbaris dalam upacara
Satpol PP dan Linmas saat berbaris dalam upacara (fathul)

MALANGVOICE – Hari Ulang Tahun ke-66 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan ke-54 Perlindungan Masyarakat (Linmas), diperingati dengan upacara umum di Halaman Balai Kota Among Tani Kota Batu, dipimpin Wali Kota Eddy Rumpoko.

Mendagri Tjahjo Kumolo, dalam sambutan yang dibacakan Eddy Rumpoko, menegaskan, peran strategis Satpol PP sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda) dan Linmas sebagai pengaman masyarakat di lingan masing-masing.

“Keberadaan Satpol PP merupakan sumber daya aparatur negara yang penting di daerah. Sehingga harus ditempatkan sesuai kompetensi dan latar belakang keilmuannya masing-masing,” kata Eddy Rumpoko membacakan sambutan Mendagri, beberapa menit lalu.

Pentingnya kompetensi yang harus dimiliki Satpol PP karena mereka langsung bersinggungan dengan masyarakat. Sehingga rentan terjadi gesekan bila aparat tak kompeten. Sehingga penegakan Perda dapat terganggu di daerah.

“Satpol PP harus punya empat sikap yang dibangun, yakni humanis, berdedikasi, disiplin, dan tegas. Karena filosofinya adalah tangan kanan Kepala Daerah untuk menegakkan Perda,” sambungnya.

Humanisme, lanjutnya, sangat dipentingkan untuk mengurangi gesekan di masyarakat. Termasuk dedikasi dan kedisiplinan harus dipelihara sehingga pekerjaannya maksimal. “Tegas juga harus didasarkan pada ketentuan peraturan perundang-undangan,” tandasnya.