Tanam Anggrek Dalam Ruangan, Apa Bisa?

0
655
Anggrek dalam pot (anja)
Anggrek dalam pot (anja)

MALANGVOICE – Benarkan Anggrek bisa ditanam di dalam rumah? Tentu saja, budidaya tanaman anggrek juga bisa dilakukan dalam ruangan tertutup, dengan menanamnya di dalam pot, kemudian pot itu diletakkan di dalam rumah.

Berikut ini merupakan tips merawat tanaman Anggrek dalam rumah dihimpun MVoice dari Sujud, petani anggrek di Jalan Kelapa Kuning, Malang.

Pertama, tempatkan tanaman Anggrek di tempat yang terkena sinar matahari secara alami tetapi tidak boleh terlalu panas.

“Intinya, tempat yang ideal adalah menempatkannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung,” katanya.

Selanjutnya, belilah lampu ruangan. Hal ini dimaksudkan ketika seorang penanam menempatkan tanaman Anggrek di dalam ruangan dan mencegah agar tanaman Anggrek di dalam rumah tidak kekurangan cahaya.

“Sebagai tanaman tropis, Anggrek perlu dijaga agar tetap lembab,” tambahnya.

Anggrek sebaiknya ditanam dalam pot yang lebih kecil. Hal ini dikarenakan akar tanamannya yang halus dan memerlukan pot dengan ukuran lebih kecil agar leluasa dalam berkembang.

“Sebagai tanaman, Anggrek juga memerlukan pupuk. Gunakanlah pupuk khusus untuk Anggrek dan atau pupuk untuk tanaman tropis. Kalau tidak ada, pupuk biasa juga tidak masalah. Beri sebulan 2 kali,” katanya.