Tanah Ambles di Junrejo, Diurug 9 Truk Masih Menganga…

0
47
Pengurukan dan perataan tanah di Jeding, Junrejo
Pengurukan dan perataan tanah di Jeding, Junrejo (fathul)

MALANGVOICE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu bersama pihak terkait sudah melakukan pengurukan material tanah sejak kemarin, pasca kejadian tanah ambles yang mengakibatkan dapur dan kandang milik warga Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, terpendam.

Penghuni rumah, Musthafa, mengatakan, kemarin 9 truk sudah membawa tanah dari Jalibar Kota Batu. Kemudian ditambah lagi beberapa volume tanah yang diangkut menggunakan pick up. Namun lubang masih dalam sehingga masih dibutuhkan lebih banyak tanah.

“Perkiraan butuh berapa tanah saya nggak tahu. Pokoknya kemarin dan hari ini sudah diurug sampai kehabisan. Jadi sekarang pengeruknya meratakan saja, ditambah ambil tanah dari bawahnya,” kata Musthofa.

Dari pantauan MVoice, satu ekscavator dikerahkan untuk mengatasi amblesnya tanah di satu rumah itu. Lubang yang ditimbulkan memang terlalu besar sehingga masih dibutuhkan tanah lebih banyak.

Saat ini, ekscavator masih mencari lubang-lubang yang dimungkinkan akan longsor lagi. Di atas lubang itu, tanahnya dikeruk lalu digunakan menutup lubang. Beberapa warga hanya melihat proses itu sampai melongok ke dalam lubang.

“Meskipun kemarin sudah setuju pindah, tapi sebagian besar belum meninggalkan rumahnya. Kayaknya masih belum percaya. Kalau saya ya dari kemarin pindah, tapi banyak barang yang masih di sini jadi ya ke sini kalau siang,” tandasnya.