Takut Serangan Virus, Jaringan Internet Seluruh OPD Pemkot Batu Dimatikan

0
253
Dinas Kominfo Kota Batu memberikan pengarahan pencegahan serangan virus pada perangkat komputer seluruh OPD Pemkot Batu, pagi ini (15/5).
Dinas Kominfo Kota Batu memberikan pengarahan pencegahan serangan virus pada perangkat komputer seluruh OPD Pemkot Batu, pagi ini (15/5).

MALANGVOICE – Pemkot Batu dibuat was-was pagi ini, Senin (15/5). Takut terjangkit virus Malware Ransomware WannaCry, sambungan internet dinonaktifkan.

Selain imbauan menonaktifkan internet, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Batu juga mengumpulkan seluruh petugas fungsi IT di setiap OPD (dulu SKPD). Bertempat di ruang pertemuan lantai III, Balai Kota Among Tani, mereka mendapat pengarahan antisipasi serangan virus dan diberikan update anti virus.

Kabid Jaringan Infrastruktur, TIK dan Aplikasi Diskominfo Kota Batu, Adiek Iman Santoso mengatakan, sampai detik ini belum ada laporan terkait komputer OPD di lingkungan Balai Kota Among Tani yang terjangkit virus. Meskipun begitu, pihaknya telah meminta seluruh perangkat komputer dan internet dinonaktifkan sementara sampai pukul 11.00. “Virus ini dikabarkan mampu mengunci seluruh data lalu meminta sejumlah uang dalam bentuk bitpoin jika ingin normal kembali,” beber Adiek ditemui MVoice usai sosialisasi.

Andiek menambahkan penonaktifan jaringan internet yang terkoneksi dalam 15 server tersebut, tidak mengganggu pelayanan. Menurutnya komputer yang sudah tidak terkoneksi internet bisa digunakan untuk bekerja. “Komputer yang memiliki aplikasi windows asli juga tidak masalah. Tidak sampai mengganggu pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Terlebih lagi, sejak mendapatkan informasi dari Kementrian Komunikasi dan Informasi, Jumat pekan lalu (12/5) pihaknya sudah mempersiapkan antisipasi. “Kami antisipasi jauh hari, serta terua koordinasi dengan kementrian pusat,” pungkasnya.