Tak Sengaja Telan Ulat Sayur atau Buah, Jangan Panik!

0
674
Sayuran kadang ada ulatnya (anja)
Sayuran kadang ada ulatnya (anja)

MALANGVOICE – Seringkali masyarakat tak sengaja mengigit atau bahkan menelan ulat saat memakan buah-buahan. Memang sangat menjijikkan. Tapi ternyata hal itu tidak akan berdampak buruk pada kesehatan.

Seorang dokter umum di Jalan Saxophone, Tegalgondo, dr Puspita K Sari, mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir jika tidak sengaja menelan binatang kecil itu.

“Sistem pencernaan manusia punya pertahanan yang baik. Asam lambung bisa membunuh bibit penyakit dan dihancurkan bersama makanan,” katanya, saat dihubungi MVoice.

Selain itu, binatang yang tertelan itu biasanya akan mati terkena asam lambung. Beberapa binatang yang sering tertelan adalah kutu daun, belatung, lalat buah, ulat jagung, kumbang kacang, dan ulat sayur/buah.

“Kalau ingin bebas ulat atau binatang-binatang kecil, kurangi saja makanan olahan dalam kaleng. Biasanya, makanan produksi olahan tidak memperhatikan hal-hal kecil begitu,” katanya.

Sari juga mengingatkan, jika setelah tak sengaja menelan binatang kecil itu kemudian terjadi reaksi alergi seperti gatal-gatal, demam, dan batuk-batuk, segera periksakan ke dokter supaya ditangani serius.