Tak Ada Kekeringan Lagi di Kabupaten Malang

0
18
Ilustrasi kekeringan di Kabupaten Malang (istimewa)

MALANGVOICE – Kekeringan yang melanda beberapa willayah di Kabupaten Malang sudah berakhir. Hujan yang terus mengguyur tiga bulan ini dimungkinkan jadi penyebab utamanya.

Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Aprillianto, mengatakan, sudah dua bulan ini pasokan air tanki dihentikan. Hingga sekarang tidak ada keluhan maupun permintaan pengiriman air lagi.

“Mungkin sudah waktunya musim hujan jadi mereka menampung sendiri, atau memang air alamnya sudah ada. Intinya tidak ada permintaan, jadi kami anggap pertama ini tidak ada kekeringan lagi,” kata Aprilianto melalui selulernya.

Pada 2015 kemarin sempat diprediksi delapan kecamatan akan mengalami krisis air karena kemarau panjang. Yakni Singosari, Lawang, Sumber Pucung, Kalipare, Donomulyo, Pagak, dan Sumbermanjing Wetan.

Namun pada September lalu, empat desa di empat kecamatan yang mendapatkan suplai air bersih karena mengalami kekeringan, bahkan tiga desa diberikan status kering kritis.

Empat desa tersebut, Desa Wonosari Kecamatan Singosari, Desa Karangkates Kecamatan Sumber Pucung, Desa Putukrejo Kecamatan Kalipare, dan Desa Kucur Kecamatan Dau.