Tahun Ini, Pemkab Malang Terapkan Inovasi Musrenbang Online

0
106
Suasana sosialisasi Musrenbang Online di Pendopo Kab Malang. (fathul)

MALANGVOICE – Pemerintah Kabupaten Malang menerapkan inovasi dalam input data hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga tingkat kabupaten, secara online.

Agar tidak ada kesalahan dalam input data, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bersama Bagian Pusat Data Elektronik (PDE) melakukan sosialisasi pra Musrenbang kepada Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan dari 33 Kecamatan.

“Dulu pada 2015 sudah ada sistem ini, cuma baru dipakai tahun ini. Makanya kami sosialisasikan dulu, karena sistem ini bakal mempercepat kinerja kita semua,” kata Kabag PDE, Ferry Harry Agung.

Proses Musrenbang Online ini, jelas Ferry, hanya sebatas input saja. Usai Musrenbang tingkat desa, data diinput untuk dibahas dalam Musrenbang tingkat kecamatan, lalu hasilnya diinput untuk diketahui SKPD dan dibahas dalam Musrenbang kabupaten.

“Rencana Musrenbangdes kan akhir Januari ini, jadi proses input nanti dimulai pada 1 sampai 12 Februari. Lalu Musrenbangcam pada 15 Februari sampai akhir, dan berlanjut Maret, Musrenbangkab,” imbuh Ferry.