Tahun Depan IKIP Budi Utomo Jadi Universitas

0
124

MALANGVOICE – Peningkatan kualitas akademis terus dilakukan IKIP Budi Utomo (IBU) Malang. Rencananya kampus yang berhasil mencetak lulusan berkualitas dan berdaya saing ini akan menjadi universitas.

Transformasi dari institut ke universitas itu dibenarkan Rektor IBU, Dr Nurcholis Sunuyeko. Menurutnya, dengan lembaga pendidikan berbentuk universitas, maka nantinya kampus tidak saja mengelola sisi akademis yang berkaitan dengan dunia pendidikan, namun juga merambah pada dunia keilmuwan lainnya.

“Jangkauan kita bisa luas ketika berubah menjadi universitas. Pengajuannya sudah kita sampaikan ke Dikti,” kata Nurcholis kepada MVoice, beberapa menit lalu.

Upaya menuju universitas sudah disiapkan secara serius, salah satunya yakni menambah jumlah dosen, karena nantinya setiap satu program studi dibutuhkan minimal enam dosen yang ada.

Selain itu, sarana dan prasarana juga terus digenjot.sStelah memiliki Kampus C yang megah di kawasan Jalan Citandui, kini tengah disiapkan satu kampus di kawasan Pakis.

“Ada lahan enam hektare yang siap dijadikan kampus, sehingga untuk menjadi universitas sudah sangat layak secara sarana prasarana,” tukasnya.

IBU sendiri saat ini memiliki tujuh program studi dan satu pascasarjana dengan jumlah total mahasiswa sebanyak 10 ribu. Karenanya, saat ini pihak kampus berupaya keras memenuhi persyaratan yang diajukan Dikti, agar tahun depan siap menjadi universitas.

“Target kami tahun depan sudah jadi universitas,” pungkasnya.