Tahap Pertama, BPPT Kembangbiakkan Apel dan Kentang Terbaik Batu

0
83
Eddy Rumpoko dan Kepala BPPT usai penandatangan MoU
Eddy Rumpoko dan Kepala BPPT usai penandatangan MoU (fathul)

MALANGVOICE – Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta, Unggul Priyanto, melihat pertanian yang perlu dikembangkan di Kota Batu adalah Apel Manalagi dan kentang, yang memang menjadi ikon.

Karena itu, melalui salah satu bidang di bawahnya, buah apel dan kentang itu akan dikembangbiakkan melalui cara vegetasi sehingga anakannya bisa memiliki kualitas yang persis sama.

“Keunggulan pembibitan yang kami lakukan adalah bisa membuat bibit yang sama unggulnya dengan indukan. Jadi kalau indukan bisa berbuat 10 Kg per pohon, anakannya sama juga 10 Kg,” jelas Unggul.

Ia membandingkan dengan metode generatif yang menggunakan bibit langsung dari indukannya, akan memiliki kualitas beragam. Bisa jadi satu bibit dengan bibit lainnya bisa menghasilkan buah yang berbeda.

“Tahap awal kami akan mencari indukan yang baik, dari sana kami membuat bibit yang banyak. Tapi awalnya nanti ditanam di Jakarta dulu, kalau sudah di polibek dibawa ke sini untuk dikembangkan. Karena kami juga punya teknik agar bisa diterapkan warga,” tandasnya.

Untuk jangka waktu MoU sendiri, Unggul mengagendakan selama 2 tahun ke depan. Bila dirasa kerja sama masih bisa dilanjutkan, maka akan diperpanjang dengan MoU yang baru.