Tahap Lelang, Museum Mpu Purwa Ditarget Tuntas Tahun Ini

0
65
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

MALANGVOICE – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang menargetkan revitalisasi Museum Mpu Purwa di kawasan Perumahan Griya Shanta, Kecamatan Lowokwaru, kelar tahun ini.

Kepala Disbudpar, Ida Ayu Made Wahyuni, mengatakan, tahun ini kementerian menggelontorkan dana sebeasar Rp 4,9 miliar untuk pembangunan gedung dan tata pamer.

“Kami targetkan tahun ini Museum Mpu Purwa itu tuntas,” kata Ida Ayu, beberapa menit lalu.

Dalam situs Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), proyek itu sudah dilakukan lelang untuk tender. Anggaran pembangunan gedung operasional sebesar Rp 2,27 miliar, sedangkan untuk tata pamer senilai Rp 1,87 miliar.

Museum Mpu Purwa
Museum Mpu Purwa

“Desember nanti diharapkan bisa selesai semua untuk dua proyek itu,” tukasnya.

Wanita yang akrab disapa Dayu itu juga menegaskan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selaku pemberi anggaran, meminta model penataan museum berbasis teknologi informasi (TI).

“Mpu Purwa nantinya tidak seperti museum pada umumnya. Kami mencoba mengembangkan konsep yang ditekankan kementerian, yakni berbasis IT,” ungkapnya.

Desain tata pamer, kata Dayu, akan diserahkan sepenuhnya pada Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (PCBM), dan saat ini arca masih dalam perawatan Disbudpar.