Sutiaji: Perumahan Jenis Cluster Harus Ada Fasilitas Sosialnya

0
149
Wawali Sutiaji
Wawali Sutiaji

MALANGVOICE – Perumahan tanpa fasilitas umum (Fasum) dan fasilitas sosial (Fasos) kini menjadi sorotan Pemerintah Kota Malang.

Pasca perumahan besar seperti Bulan Terang Utama (BTU) yang diketahui tidak ada masjid sebagai fasos, kini Pemkot Malang tengah membidik perumahan kecil yang hanya memiliki 15-20 rumah.

Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan, perumahan kecil seperti cluster itu akan didesak agar memberi satu mushola sebagai sarana agar warga bisa melaksanakan salat berjamaah.

“Memang di undang-undang tidak ada kewajiban, tapi kami bisa mendorong atau mendesak pengembang untuk menyediakan fasos seperti musola,” katanya kepada MVoice, beberapa menit lalu.

Menurut dia, penyediaan fasum dan fasos bisa dilihat di site plan sebuah perumahan yang akan dibangun, jika tidak memiliki fasos dan fasum, pemerintah bisa menangguhkan keluarnya izin.

“Site plan sebuah perumahan kita sesuaikan dengan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah),” tandasnya.

Karena itu dalam waktu dekat Sutiaji akan berkomunikasi dengan dinas terkait, agar perumahan kecil atau cluster dan beberapa perumahan lainnya yang tidak memiliki fasos, didesak agar segera memberikannya.