Sutiaji: Jangan Terjebak Game Pokemon Go

0
44
Wawali Sutiaji di Pembukaan KCS SMK PGRI 3
Wawali Sutiaji di Pembukaan KCS SMK PGRI 3

MALANGVOICE – Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, di hadapan ribuan siswa baru SMK PGRI 3, berpesan agar mereka tidak terjebak dengan game yang sedang booming yakni ‘Pokemon Go’. “Itu tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia,” tegasnya.

Menurutnya, upaya penggerusan budaya dan mental khususnya kepada anak muda sangat terbuka pada era globalisasi ini. Caranya berbagai macam, salah satunya melalui game dan media lainnya.

“Anak-anakku di SMK PGRI 3, karena itu saya imbau jangan sampai terjebak game Pokemon Go, karena tidak sesuai dengan karakter budaya kita,” kata Sutiaji saat membuka Kegiatan Cinta Sekolah (KCS) SMK PGRI 3 di Halaman Depan Mall Olympic (MOG), beberapa menit lalu.

Ia menambahkan, saat ini budaya malu di Indonesia sudah kian luntur. Hal itu terbukti dengan perilaku para masyarakat yang mulai menjauh dari ajaran para pendahulu, seperti malu jika tidak berprestasi, malu jika melakukan hal yang negatif dan sebagainya. “Padahal ini adalah fondasi yang diajarkan nenek moyang kita,” tukasnya.

Dalam acara ini ribuan siswa baru juga mengucapkan ikrar peduli literasi sebagai upaya menanamkan dan mewujudkan budaya membaca buku, sehingga menghasilkan generasi yang baik.

SMK PGRI 3 juga menyumbangkan sekitar 3 ribu buku bacaan kepada Perpustakaan Kota Malang sebagai start awal merealisasikan ikrar tersebut.