Sutiaji: Jangan Ada One Man Show dalam Satu Lembaga

0
40
Wawali Sutiaji
Wawali Sutiaji

MALANGVOICE – Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, mengimbau agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bisa bekerja secara kolektif kolegial, sehingga meminimalisir citra ‘one man show’ pada lembaga.

“Teraihnya prestasi jangan sampai terkontribusi dari one man show atau kerja satu dua orang semata, tapi karena kerja kolektif. Karena kerja kolektif merupakan bentuk budaya kerja yang baik,” tegasnya, saat memberi pembekalan sekaligus menutup workshop Penyusunan Rencana Aksi Daerah dan Penyusunan Rencana Aksi Perangkat Daerah di hotel Savana, hari ini.

Dikatakan, pada konteks penataan kelembagaan, jangan diletakkan semata pada ‘penggemukan’ organisasi, tapi harus lebih mengarah pada optimalisasi fungsi yang mampu menstimulus aparatur untuk berinovasi dan berkreasi.

Sementara itu perwakilan Lembaga Administrasi Negara (LAN), Erna Irawati, menekankan delapan area perubahan dalam reformasi birokrasi yang harus diperhatikan SKPD di daerah, yang meliputi aspek organisasi, tata laksana, peraturan perundang undangan, SDM aparatur, pengawasan, akuntabilitas, pelayanan publik serta pola pikir (mindset) dan budaya kerja (culture set).