Susah Kreatif, Kenali 6 Hambatannya!

Are you creative? (illustrasi-anja)

MALANGVOICE – Kemampuan menarik sebuah ide dari diri kita disebut kreativitas. Namun beberapa orang merasa terhambat menemukan kreativitas itu. Berikut hambatan kreatif yang harus dilawan menurut Setyawan Tiada Tara, Motivator Humor Indonesia, yang dirangkum Mvoice.

1. Rasa Takut

Rasa takut disalahkan menyebabkan seseorang bekerja sesuai perintah.

2. Rasa Puas dan Nyaman

Mereka yang nyaman dengan kondisinya dan merasa sukses dengan apa yang mereka punya seringkali dibutakan oleh rasa bangga. Contoh: Apple Computer pernah tergilas oleh merk komputer baru karena terpaku dengan keberhasilannya dan tidak menawarkan sesuatu yang baru.

3. Rutinitas

Sisihkan waktu untuk mengisi aktivitas sehari-hari dengan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Misalnya, ikuti perkumpulan atau komunitas. Berkenalanlah dengan orang baru.

4. Birokrasi

Birokrasi berbelit-belit sering mematahkan semangat orang berkreasi ataupun menyampaikan ide dan usulan. Semakin besar organisasi, semakin panjang birokrasi sehingga masalah di lapangan tidak terdeteksi oleh pihak manajemen.

5.Terpaku Pada Kegagalan

Gagal memang menyedihkan, tetapi bukan berarti usaha memperbaiki dan mengatasinya jadi terhenti. Justru rasa gagal bisa jadi motivasi untuk mendorong kreativitas dengan cara lebih baik, cepat, dan efektif.

6. Malas
Malas untuk bangkit, malas untuk belajar, dan malas untuk berbenah tidak akan pernah mendorong seseorang untuk jadi kreatif.