Sunset Anti Mainstream ala Brak Poncokusumo

0
192
: Pemandangan di Brak Poncokusumo, Kabupaten Malang (istimewa)

MALANGVOICE – Malang raya, khususnya wilayah kabupaten menawarkan segudang spot indah untuk dikunjungi traveller yang senang mencari tempat baru dan belum banyak didatangi wisatawan.

Poncokusumo3

Di wilayah Poncokusumo misalnya, ada sebuah tempat luas di ketinggian 1400 mdpl dimana kita bisa melihat sunset menyelimuti Kota Malang dan sekitarnya. Warga setempat mengenalnya dengan Brak.

Brak merupakan istilah merujuk pada tempat paling tinggi dan terbuka. Brak Poncokusumo sendiri sudah dikenal namum oleh kalangan terbatas, diantaranya komunitas trail dan pesepeda down hill.

Poncokusumo2Akses menuju Brak bisa dicapai dengan berjalan kaki maupun motor. Namun tidak semua motor, hanya jenis trail yang bisa mencapai Brak karena medannya cukup sulit disebabkan oleh tingginya intensitas trail yang berlalu lalang sehingga membentuk jalur yang dalam sehingga motor biasa tidak bisa lewat.

“Karena medan cukup sulit. Biasanya untuk mencapai Brak, pengunjung menyewa jasa ojek trail dari warga sekitar. Tarifnya Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu PP,” terang Setyo, warga Poncokusumo, sekaligus salah satu penyedia jasa ojek ke Brak.

Rata-rata pengunjung datang untuk berkemah barang sehari hingga dua hari. Di sore hari, suguhan paling menarik adalah sunset. Namun jangan kecewa jika ternyata kabut tebal tiba-tiba datang sehingga tidak ada hal lain yang terlihat kecuali asap putih.

Masih di tempat sama, pengunjung bisa melihat pemandangan lebih jelas melalui rumah pohon. Selain itu, terdapat pula taman kecil berisi krisan berwarna warni yang merupakan bunga yang banyak dibudidayakan di Poncokusumo.