Sudah Bangun Masih Ngantuk Juga, Begini Cara Mengatasinya!

0
64
Masih ngantuk ketika ruangan masih gelap (anja)

MALANGVOICE – Ada cara lain selain minum kopi untuk menghilangkan kantuk di pagi hari.

Seorang instruktur sanggar senam, Agnes Putri, menyatakan, jam biologis manusia sangat dipengaruhi cahaya. Sehingga ketika ruangan masih gelap, rasa kantuk susah hilang. Makanya nyalakan lampu atau buka jendela agar cahaya masuk.

Yang kedua, patuhi aturan 10 menit. Masa paling kritis dalam mengawali hari adalah 10 menit sejak pertama terjaga dari tidur.

“Kalau bisa menahan hasrat untuk tidur lagi dalam waktu 10 menit, maka kantuk dan malas akan hilang dengan sendirinya,” katanya, saat dihubungi MVoice, beberapa menit lalu.

Ketiga, lakukan aktivitas fisik sederhana, seperti membersihkan kamar, memasak, atau menyiapkan pakaian untuk berangkat kerja.

“Beraktifitas membantu melancarkan aliran darah. Jadi sirkulasi darah lancar. Kalau bisa olahraga ringan seperti stretching atau peregangan otot juga boleh. 10 menit saja cukup sih,” katanya.

Yang jelas, solusi jangka panjangnya adalah mematuhi jadwal tidur. Tidur kemalaman pasti membuat badan lemas dan semakin mengantuk esok harinya.

“Tidur seharian penuh waktu Sabtu-Minggu untuk menebus kekurangan tidur malah memperburuk gangguan tidur lho. Istilahnya, jangan ‘mbangkong’,” tuturnya.