Sterling, Bahan Baku Indonesia, Difavoritkan Musisi Dunia

0
75
Gitar-gitar berkualitas milik Sterling by Musicman berkode SUB yang dipamerkan di MCP Music Festival. (Shuvia Rahma)

MALANGVOICE – Sterling by Musicman merupakan salah satu gitar yang kini ikut nangkring di MCP Music Festival. Produk branded ini banyak dipakai musisi dunia. Tapi tak banyak yang tahu, bahwa beberapa produk Sterling by Musicman diproduksi di Indonesia.

Owner WW Musik, Wiwie GV, mengatakan, Indonesia banyak dipilih sebagai negara produksi alat musik oleh beberapa brand kenamaan dunia, termasuk Sterling. Penyebabnya, bahan baku di Indonesia memiliki kualitas jauh lebih bagus ketimbang negara lain, khususnya jenis kayu untuk bahan baku gitar.

“Kayu sangat berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan gitar, karena jenis kayu bisa mempengaruhi resonansi,” tutur pemilik nama lengkap Viva Permadi ini.

Ia juga menjelaskan, gitar-gitar Sterling kelas middle up kebanyakan dibuat di Indonesia yang memiliki kayu mahogany dan mapple berkualitas bagus, ketimbang negara tetangga seperti Vietnam maupun Cina.

“Kebanyakan untuk bagian neck (leher) pakai mapple, sedangkan body gitarnya mahogany. Itu jika gitar bagus. Kalau yang kualitas standar, kayu yang dipakai bisa sonokeling,” kata dia.

Untuk gitar-gitar koleksi Sterling SUB, WW Musik memberikan potongan cukup besar hingga 50 persen.