Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Nurhayati Ingatkan Pentingnya Pancasila

0
55
Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan oleh Nurhayati Ali Assegaf
Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan oleh Nurhayati Ali Assegaf

MALANGVOICE – Anggota MPR RI yang juga anggota Komisi I DPR RI, Nurhayati Ali Assegaf, menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama seluruh elemen masyarakat hingga mahasiswa, di kediamannya, Jalan Timah No IV.

Pada kesempatan itu Nurhayati, menekankan pentingnya mengaktualisasikan Pancasila dalam kehidupan bernegara dan kehidupan sehari-hari.

Dijelaskannya, momen Ramadan merupakan titik tolak yang sangat baik untuk merajut kembali persaudaraan dan kesatuan antar sesama warga, meski dibalut perbedaan.

“Makna Bhinneka Tunggal Ika harus terus kita gelorakan dalam momen spesial ini,” katanya kepada MVoice, beberapa menit lalu.

Pengejawantahan lima sila, mulai Ketuhanan yang Maha Esa hingga nilai-nilai musyawarah dalam bermufakat, wajib diamalkan, agar persatuan bangsa semakin kokoh.

Apalagi kehadiran mahasiswa yang merupakan tonggak tanah air dan sangat mewarnai perjuangan bangsa Indonesia, mulai Sumpah Pemuda hingga reformasi 1998.

“Karena itu peran pemuda harus ditekankan, karena di tangan pemuda lah nasib bangsa ini berada,” tuturnya.

Ia berharap, dengan sosialisasi empat pilar ini semangat nasionalisme bisa kembali membara, sehingga warga bisa terbentengi dari ideologi ekstrim maupun ideologi yang berbau komunis.

Peserta sosialisasi yang juga turut menyumbangkan pemikiran, menganggap masuknya ideologi itu bisa saja bagian daripada proxy war, sehingga harus waspada dan bijaksana melihat masalah ini.