Sopir Angkutan Lebaran Dites Urine, Kendaraan Diuji Kelayakan

0
93
Petugas Dishub saat menghentikan kendaraan untuk diuji kelayakannya (Fathul)

MALANGVOICE – BNN dan Dinas Perhubungan berkerja sama mengantisipasi keamanan angkutan Lebaran. Mereka menggelar tes urine pada puluhan sopir yang bertugas selama Lebaran untuk mengangkut wisatawan maupun masyarakat.

“Kesiapan libur Lebaran juga meliputi para sopir, sehingga kita kerja sama dengan dinas untuk tes urine. Kalau tesnya negatif, kesiapan libur Lebaran semakin bagus,” kata Kepala Seksi Pencegahan BNN, Edi Hari K.

Ia juga ingin tahu apakah para sopir di Batu terpengaruh alkohol dan narkoba. Karena, bagaimanapun keselamatan penumpang sangat dipengaruhi kondisi sopir. “Sopir bus antar kota juga kami minta tes urine, kalau terindikasi kami rekomendasi untuk rehabilitasi,” tambah Hari.

Sementara sopir dites urine, kendaraan-kendaraan angkutan umum diuji kelayakan. Bus antar kota yang hendak keluar dari Terminal Batu dihentikan petugas Dishub untuk diperiksa kelengkapan surat kendaraan, SIM, dan kelayakan bus.

“Ada satu bus jurusan Batu-Tuban yang kita hentikan karena kondisi fisiknya buruk, tak memiliki buku uji dan banyak kelengkapan kendaraan tidak berfungsi sempurna,” tutur Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor, Hari Juni Susanto.