Sonjo Kampung, Sinergikan Kegiatan Budaya Antar Kampung

0
67

MALANGVOICE – Demi terwujudnya Malang sebagai kota budaya, kampung-kampung di Malang rutin mengadakan Sonjo Kampoeng. ‘Sonjo’ artinya berkunjung ke tetangga dan ‘kampoeng’ artinya kampung. Jadi, Sonjo Kampoeng merupakan kegiatan kunjungan dari kampung ke kampung.

Sonjo Kampoeng malam ini digelar di kampung Glintung Gang VI, RW 23 Kelurahan Purwantoro, Blimbing, Malang dan dihadiri 20 perwakilan dari kampung dan komunitas termasuk salah satunya kampung Ngadyiopuro.

Koordinator Sonjo Kampoeng, Priyo Sunanto Sidhy, menjelaskan, kegiatan ini digagas sejak 2009 lalu yang bertujuan untuk membangun sinergi dan komunikasi antar kampung terutama mengenai kegiatan budaya.

“Supaya kalau tiap kampung ada event budaya, tidak bersamaan pelaksanaannya,” kata pria asal kampung Cempluk kepada MVoice.

Ia menambahkan, seluruh kampung di Malang akan menggelar serangkaian acara budaya dalam kurun 1 tahun.

“Jadi, Malang tak akan kehabisan budaya,” tambahnya.

Selain itu, Sonjo Kampoeng bermanfaat untuk berbagi visi misi antar kampung dan belajar adat istiadat dan prestasi dari kampung-kampung yang lain .

“Tiap-tiap perwakilan dari tiap kampung juga bisa menceritakan masalah di kampung masing-masing. Jadi kita carikan solusi bersama-sama. Ini kampung Glintung juga terpilih sebagai kampung go green, jadi kampung lain juga bisa belajar dari sini,” kata pria yang arab disapa Mbah Priyo ini