Soal Polisi Gadungan, Sutiaji Imbau Diknas Instruksikan Sekolah agar Waspada

0
26
Wakil Walikota Malang, Sutiaji
Wakil Walikota Malang, Sutiaji

MALANGVOICE – Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, mengimbau kepada Dinas Pendidikan (Diknas) untuk menginstruksikan semua sekolah agar waspada terkait maraknya kasus penipuan dengan modus menyaru polisi dan membidik pelajar.

“Pertama, dinas harus memberi tahu sekolah, dan sekolah meminta para wali murid agar berhati-hati dan terus memantau putra-putrinya,” kata Sutiaji, beberapa menit lalu.

Menurutnya, peran orang tua dalam hal pengawasan sangat penting. Contohnya, jika jam pulang sekolah ternyata belum ada di rumah, hendaknya orang tua langsung croscek kondisi buah hatinya.

“Atau kalau yang belum cukup usia, jangan diberi motor dulu untuk ke sekolah. Karena itu juga jadi masalah, terlebih bilaketemu pelaku kejahatan itu,” bebernya.

Yang paling penting, lanjut Sutiaji, adalah peran bimbingan konseling sekolah yang harus memberi pemahaman kepada siswa agar tidak perlu terlalu cemas, karena dampaknya bisa pada prestasi belajarnya.

“Saya kira kepolisian sudah bergerak untuk menangkap pelakunya, dan Pemkot yakin aparat tidak tinggal diam atas kasus ini,” pungkasnya.