Soal Perda Inisiatif DPRD – ER: Saya Tak Mau Sembrono

0
18
Eddy Rumpoko saat bersama masyarakat Batu (fathul)

MALANGVOICE – Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, langsung bereaksi atas kabar yang menyebutkan bahwa Perda Inisiatif DPRD banyak yang digantung. Dia mengatakan, tentunya Perda dari DPRD harus dipahami terlebih dulu oleh eksekutif. Karena eksekutif sebagai pelaksana, maka harus benar-benar paham dan perlu mempelajarinya.

“Kalau kami belum memahami isi Perda UKM misalnya, maka keberadaan Perda ini kelak tidak akan membawa manfaat bagi masyarakat,” ungkap ER, sapaan akrabnya.

Khusus Perda UKM, lanjutnya, pihaknya akan menyetujui bila benar-benar mengakomodir kepentingan masyarakat. Pihaknya juga ingin agar Perda yang ada disosialisasikan terlebih dulu, sebelum disahkan.

“Prinsipnya kami akan evaluasi dulu, karena belum dipelajari. Perda juga harus melalui proses sosialisasi. Ketidakpahaman eksekutif mungkin karena gak ada sosialisasi,” imbuhnya.

ER juga menekankan, ia tidak ingin ada Perda yang telah disahkan, ternyata tidak dapat diimplementasikan. Seperti Perda Pajak yang kemudian menjadi persoalan. “Makanya kami akan lihat dulu, apakah UKM itu butuh Perda atau cukup Perwali saja,” tukasnya.