Soal Kantong Plastik Berbayar, Gus Ipul Sepakat, Tapi…

0
61
Gus Ipul
Gus Ipul

MALANGVOICE – Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf, meminta kepada pemerintah daerah menyiapkan alternatif terkait kebijakan kantong plastik berbayar. Menurutnya, Pemda harus menyediakan kantong lain, yang dapat digunakan masyarakat untuk berbelanja.

“Aturan baru itu sangat positif, tapi pemerintah juga harus ada jalan keluar, jika kantong plastik berbayar, maka harus diberi alternatif lain,” kata Gus Ipul.

Diakuinya, kebijakan itu sedikit menambah biaya belanja masyarakat, khususnya mereka yang membeli di ritel dan toko modern. “Penciptaan alternatif lain seperti pemerintah memberikan tas dari kain atau tas berbahan ramah lingkungan bisa jadi jalan keluar,” ungkapnya.

Sementara itu Wali Kota Malang, HM Anton, mengatakan, kebijakan kantong plastik berbayar masih diterapkan pada ritel, belum menyasar pasar tradisional.

“Kami memang menyadari masyarakat agak keluar cost sedikit, karena itu kami masih batasi,” kata Anton.

Ia menyambut baik usulan Gus Ipul soal alternatif tas selain berbahan plastik sebagai solusi agar warga tidak terbebani. “Nanti kita akan coba untuk menerapkan hal itu,” tandasnya.