Soal Dana Desa Tak Cair, ER: ADD Sudah Cukup!

0
68
Eddy Rumpoko.(fathul)

MALANGVOICE – Terkait dana desa (DD) dari APBN yang tak dapat dicairkan para kepala desa pada Maret ini, Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, menegaskan, dana itu belum cukup dibutuhkan untuk pembangunan di desa-desa.

Ia beralasan, Pemkot sudah menggelontorkan Anggaran Dana Desa (ADD) dari APBD ke desa-desa dengan nilai cukup besar. Karena itu, dana itu harusnya bisa dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur dan sosial sehingga tidak lagi membutuhkan DD.

“Saya bukan mau melanggar atau menolak dana desa, tapi ADD yang kami berikan kan cukup besar. Harapan saya kalau APBD sudah memberikan dana yang bisa dipakai mengelola, sudah tidak perlu lagi minta ke pusat,” ungkap ER, sapaan akrabnya.

Ia melanjutkan, keengganan Pemkot Batu mencairkan dana desa itu harusnya menjadi laporan ke pusat.

Ia tidak ingin ada dana berlebihan di desa sehingga kebingungan mau dibuat apa. ER khawatir, bila ada DD maka ADD dari daerah dialihkan untuk pembangunan yang tidak berdampak penting.

“Kita belajar dari yang sudah-sudah, sisa anggaran kita ini banyak. Jadi jangan ada dana berlebih lalu terjadi banyak penumpukan dan Silpa di tahun ini,” tandas ER.