Soal Beringin Dicat, Anton Semprot Kepala DKP

Pohon Beringin di Alun-Alun Merdeka

MALANGVOICE – Bukan hanya warga yang protes pohon beringin Alun-alun Merdeka karena dicat warna-warni, Wali Kota Malang, HM Anton, ternyata juga ikut marah.

Anton mengaku telah memarahi Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Erik Setyo Santoso, yang dianggap tidak koordinasi soal pengecatan pohon beringin.

“Saya waktu itu sedang di Jakarta, lihat di Facebook, ternyata lagi ramai beringin Alun-alun dicat, dan masyarakat mengira saya yang menginstruksikan,” kata Anton, beberapa menit lalu.

Niat DKP menghilangkan kesan angker, seperti yang diungkapkan Erik Setyo Santoso, kata Anton, adalah hal yang positif. Namun cara yang dipilih tidak tepat.

“DKP kurang memperhatikan aspirasi masyarakat, harusnya berkonsultasi dulu ke beberapa pihak, termasuk komunitas peduli lingkungan, agar tidak menuai masalah lagi,” tandas Anton.

Soal pengelupasan cat yang membutuhkan waktu lama, Anton menegaskan, tidak mau tahu, dan sudah menjadi risiko DKP.

“Mereka harus bertanggung jawab dalam proses pengelupasan cat harus dilakukan dengan baik,” tegas Anton.

Ia mewanti-wanti DKP agar tidak membuat prestasi Kota Malang dalam hal pertamanan menjadi merosot. “Tapi kami juga hargai DKP, karena inovasi mereka sangat bagus,” pungkasnya.-