SMS Gateway Percepat Cakupan PIN

0
161
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Abdurrachman.

MALANGVOICE – Cakupan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Kabupaten Malang yang tertinggi di wilayah Jawa Timur menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Abdurrachman, tidak lepas dari upgrade teknologi yang memungkinkan koordinasi antar kader kesehatan di Kabupaten Malang yang jumlahnya mencapai 14 ribu orang.

“Kita memakai SMS gateway untuk monitoring secara real time di berbagai daerah,” kata Abdurrachman.

SMS gateway tersebut memungkinkan Dinas Kesehatan segera bergerak apabila di salah satu daerah kehabisan vaksin imunisasi.

“Selain itu, kita juga bisa pantau kendala lain, termasuk jumlah bayi maupun balita yang sudah diberi imunisasi,” kata dia.

Berdasarkan data hingga Senin 14 Maret 2016, jumlah cakupan PIN mencapai lebih dari 200 ribu anak, di 39 puskesmas di seluruh kecamatan sekabupaten Malang. Sasaran imunisasi versi data Badan Pusat Statistik (BPS) berjumlah 195 ribuan anak, sementara pendataan Dinkes Kabupaten Malang sebanyak 193 ribuan anak.

SMS gateway sendiri sudah dipakai Dinas Kesehatan Kabupaten Malang sejak 2014 lalu dan diakui oleh museum rekor Indonesia untuk pelayanan masyarakat dan pemberdayaan posyandu serentak di 2800 tempat dengan jumlah warga yang terlayani sebanyak 512 ribu orang.

Selain untuk pemantauan PIN,SMS gateway juga dipakai untuk pendataan ibu hamil dan warga berpenyakit kronis.