SMK Ini Gunakan Pesawat Marchetti untuk Praktikum

0
133
Suasana serah terima pesawat Marchetti
Suasana serah terima pesawat Marchetti

MALANGVOICE- Hari ini SMK Penerbangan Angkasa Singosari menerima hibah dua unit pesawat latihan khusus buatan Italia, Marchetti, dari Lanud Abdurrachman Saleh.

Kepala SMK Penerbangan, Mayor (Tek) Saifuddin Zuhri ST menjelaskan, Marchetti digunakan banyak negara sebagai pesawat latih. “Bahkan ada yang menggunakan untuk latih tempur,” bebernya.

Dia menjelaskan, pesawat tersebut untuk kepentingan praktikum, baik jurusan Airframe dan Powerpland (AP) serta jurusan Avionic Electrical Instrument (AEI) SMK Penerbangan Angkasa.

“Saat ini kami memiliki 460 siswa yang menimba ilmu, dan akan menggunakan pesawat ini sebagai praktikum,” jelasnya.

Seluruh sistem pesawat masih dapat dioperasikan dengan baik dan bisa untuk ground run secara terbatas, mengingat tempat dan tujuan pembelajaran.

Saifuddin menambahkan, SMK Penerbangan Angkasa saat ini juga memiliki satu buah engine turbo prop T76 lengkap dengan accecories dan propellernya.

Dia berharap, dengan bertambahnya media praktek, dapat memacu kegiatan akademik. Sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas.
“Persaingan  bursa tenaga kerja akan semakin meningkat dengan pemberlakuan pasar bebas Asean (MEA) yang sudah berlangsung saat ini,” tegasnya.