SMA/SMK Diambilalih, ER Jamin Pendidikan Tetap Gratis

0
135
Eddy Rumpoko (fathul)

MALANGVOICE – Persoalan paling penting di Kota Batu saat SMA dan SMK diambilalih Pemerintah Provinsi adalah soal biaya pendidikan. Karena saat ini, sekolah di kota wisata ini gratis hingga jenjang SMA, sehingga masyarakat ingin terus seperti itu.

Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, menegaskan program pendidikan gratis akan terus ia kawal sejak SD hingga SMA. Karena demi meningkatkan mutu pendidikan, politisi PDIP ini tidak mempersoalkan bila SMA dan SMK diambil alih provinsi.

“Meskipun manajemennya diambil provinsi, namun pemerintah daerah tidak diam. Jadi Pemkot Batu tetap akan kerja sama dalam penyelenggaraan pendidikan, masyarakat tidak usah khawatir,” ungkap ER, sapaan akrabnya, kepada MVoice.

ER menegaskan, semua hal mengenai pendidikan di Kota Batu tetap diurusi Pemkot. Sehingga Pemkot tetap dapat membantu masyarakat dengan pembiayaan yang bisa disalurkan melalui berbagai cara. Baik insentif, beasiswa, ataupun pemberian Bosda seperti selama ini.

“Tujuan diambilalih kan untuk meningkatkan mutu, jadi kalau malah turun kan gak baik juga. Ini masih wacana jadi bisa saja berubah,” sambungnya.

Seperti diketahui, pemerintah provinsi mewacanakan akan mengambilalih tata kelola SMA dan SMK dari pemerintah daerah. Tujuannya agar Pemda bisa fokus melaksanakan pendidikan dasar 9 tahun mulai dari tingkat SD dan SMP.