Smart Werkudara, Web Pintar untuk Calon Pendonor Darah

0
464
Tim di balik Smart Werkudara (istimewa)

MALANGVOICE – Permasalahan kurangnya stok darah di PMI Kota Blitar, mendorong lima mahasiswa Universitas Brawijaya yang diketuai Hanun Ari Wulandari, dengan anggota Ina Nur Anisa, Mohammad Ramdan, Oddy South Lolo Toding dan Ardina Fitri Haryono, di bawah bimbingan Yusuf Hedrawan, menciptakan Inovasi teknologi Smart Werkudara, solusi atas permasalah yang ada.

“Blitar merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki penduduk dengan minat donor darah yang rendah. Rendahnya minat masyarakat untuk donor darah ini dibuktikan dengan masih terjadinya kekurangan stok darah setiap tahun, terutama pada bulan Ramadan,” papar Hanun kepada MVoice pagi ini.

Smart Werkudara merupakan sebuah web informasi dan edukasi donor darah yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai donor serta melakukan pendaftaran donor darah secara online.

Smart Werkudara merupakan web yang berbeda dengan web lainnya. Smart Werkudara memiliki tiga fitur, diantaranya Ayo Buat Janji, edukasi One Click dan Aktif Donor.

Fitur Ayo Buat Janji merupakan fitur yang dapat mempermudah para calon pendonor untuk melakukan pendaftaran donor darah secara online, sehingga dapat mempercepat proses administrasi saat datang ke PMI.

“Dengan membuat janji secara online, calon pendonor dapat mengetahui syarat-syarat dan tata cara donor darah,” kata dia.

Selain itu, calon pendonor dapat mengetahui tempat-tempat PMI melakukan aksi jemput bola sehingga dapat melakukan donor darah di tempat yang terdekat dengan lokasi calon pendonor.

Selain fitur Ayo Buat Janji, terdapat fitur Edukasi One Click. Fitur edukasi One Click merupakan fitur yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi dan edukasi mengenai donor darah.

Berbagai informasi disajikan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, diantaranya yaitu tentang darah, fakta darah, kisah inspiratif, update stok darah, dan lain sebagainya.

Masyarakat di Kota Blitar juga dapat menikmati fasilitas fitur Aktif Donor. Fitur ini ditujukan untuk para pendonor agar melakukan donor darah setiap 75 hari sekali.

“Dengan fitur Aktif donor ini, PMI dapat melakukan pendataan pendonor secara online. Melalui fitur ini pula para pendonor maupun penerima donor dapat berkontribusi dalam pengisian kisah inspiratif untuk mendorong masyarakat melakukan donor darah,” tambahnya

Berbagai fitur Smart Werkudara itu diharapkan dapat membantu PMI Kota Blitar memenuhi permintaan kantong darah serta meminimalisir terjadinyakekurangan stok darah di PMI Kota Blitar.