SMAN 9 Mbois, Seleksi Ketua OSIS Gunakan Gadget!

0
168
kepala sekolah mengawasi pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS (anja)

MALANGVOICE – Metode pemilihan ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) di SMAN 9 Malang tergolong inovatif dan unik. Bahkan, Kepala Sekolah, Abdul Teddy MPd menggandeng provider jaringan telekomunikasi Telkomsel untuk melakukan metode quick count via gadget smartphone.

“Pemilihan model Quick Count ini berawal dari pemikiran adanya ketidakefektifan waktu saat pemilihan, efisiensi biaya serta material yang dibutuhkan saat pemilihan, rendahnya tingkat partisipasi siswa serta untuk lebih mengedepankan sisi transparansi pada keluarga besar SMAN 9 Malang,” papar Teddy.

Pemilihan ketua OSIS ini melibatkan tidak hanya ratusan siswa. Staf dan dewan guru bisa memberikan hak suaranya.

Ketua pelaksana pemilihan ketua OSIS dan MPK SMAN 9 Malang, Aditya Firmansyah menjelaskan, proses pemilihan ini tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan pemilihan presiden, anggota DPR/DPRD, wali kota maupun bupati.

”Awalnya kami melakukan penjaringan calon di tingkatan pengurus OSIS pada awal bulan Agustus 2016 lalu. Hasilnya disepakati ada empat calon ketua OSIS dan empat orang ketua MPK. Setelah menjalani serangkaian kegiatan kampanye dan juga wawancara yang dilakukan oleh dewan guru, maka tinggal tiga calon ketua OSIS dan tiga calon ketua MPK. Dan pada hari ini dilaksanakan pemilihan,” kata Aditya.

Pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS dan ketua MPK menggunakan gadget serta metode quick count ini baru pertama kali dilaksanakan di SMAN 9 Malang.

“Ada beberapa nilai karakter positif yang ingin kami tumbuhkan pada anak didik diantaranya nilai kejujuran, disiplin, kerjasama, sportivitas, kepemimpinan serta nilai nilai demokrasi pancasila,” tambah Teddy.

Yang terpenting, sambungnnya, gelaran kegiatan quick count ini tidak menganggu proses belajar mengajar. “Tidak butuh kertas suara, biaya cetak dan biaya-biaya lainnya,” katanya.

Peraih suara terbanyak nantinya secara otomatis akan terpilih menjadi ketua OSIS dan MPK. Sedangkan peraih suara terbanyak kedua akan duduk sebagai wakil ketua. Dan bagi peraih suara terbanyak ketiga akan menjadi sekretaris.

Tiga calon ketua OSIS SMAN 9 Malang diantaranya M. Iqbal Fitrah Anugerah, Fahreza Nurwahyu Habibillah, Anisa Nurmawati. Sedangkan tiga calon ketua MPK SMAN 9 Malang yakni Shofie Asiyatik Africh Rozanah, Anindya Sekar Putri Utami, Ricky Fernando Siburian.

“Keenam kandidat tersebut telah melalui serangkaian kegiatan mulai dari penjaringan bakal calon, tes tulis, tes wawancara serta kampanye terbuka dihadapan teman temannya pada 12 September 2016 lalu,” tutup Teddy.