SMA Dikelola Provinsi, Disdik Fokus Kembangkan PAUD

0
25
Kepala Dinas Pendidikan, Zubaidah
Kepala Dinas Pendidikan, Zubaidah

MALANGVOICE – Alih kelola Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat ke pemerintah provinsi, membuat Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang pada 2017 mendatang fokus mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kepala Disdik, Zubaidah, mengatakan, selama ini pihaknya masih belum begitu fokus mengembangkan PAUD karena memegang tiga tingkat pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan SMA.

“Karena SMA sekarang dikelola provinsi, maka perhatian kita alihkan lebih kepada PAUD,” kata Zubaidah, beberapa menit lalu.

Data Disdik menyebut, saat ini di Kota Malang ada sekitar 500 lebih PAUD yang resmi mendaftar kepada pemerintah. Jumlah itu masih bertambah, sebab diprediksi masih ada sekitar 200 PAUD yang belum mendaftar.

“Kita harap dengan beralihnya SMA ke provinsi tidak membuat anggaran pendidikan turun, sehingga penambahan sarana dan prasarana PAUD bisa maksimal,” tukasnya.

PAUD sendiri merupakan satu wadah pendidikan bagi anak usia 0 tahun sampai 6 tahun atau yang kerap disebut usia emas. Di dalam PAUD bisa terdapat tiga macam jenis lembaga yakni penitipan anak, Taman Kanak-kanak (TK) dan juga ada beberapa Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang kini sudah mulai melakukan pendidikan bagi anak usia dini.

“Terkait dengan guru PAUD, minimal mereka harus sarjana, itu sudah kami imbau sejak lama,” tandasnya.