SKPD Harus Miliki Prioritas Program

0
31
Kepala Bappeda Jawa Timur, Fatah Yasin.

MALANGVOICE – Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Malang harus memiliki prioritas program dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Saat ini APBD sudah tidak lagi money follow function namun harus by design program tergantung pada prioritas,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Timur, Fatah Yasin.

Dikatakan pula, dalam menjalankan program APBD tidak boleh ada project oriented tanpa ada kelanjutan, sehingga anggaran tidak ada desainnya.

“Seperti pembangunan waduk tanpa didukung pengairan dan ada sawah maka akan mangkrak, itu merupakan contoh bagaimana menggunaan anggaran,” tuturnya.

Lantaran APBD terbatas, maka Pemkot Malang harus memiliki prioritas sesuai dengan potensi kota. “Misalnya di Malang ini yang menonjol adalah perdagangan, jasa pendidikan itu yang harus menjadi prioritas,” tandasnya.

Momen Musrenbang Kota, lanjut Fatah, tidak harus menjadi sarana menghabiskan daftar kebutuhan namun juga mencapai target dan prioritas.