SKPD di Batu Wajib Buat Paper 5W 1H

0
46
Punjul Santoso. (fathul)

MALANGVOICE – Pemkot Batu mewajibkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) membuat paper rencana kerja dalam setahun 2016 mendatang.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, mengatakan paper itu untuk panduan SKPD dalam melihat dan mengukur kinerjanya sendiri, terkait program yang sudah atau belum dikerjakan.

“Papernya nanti tidak rumit seperti karya ilmiah, tapi cukup menjawab what (apa), who (siapa), why (mengapa), when (kapan), where (dimana), dan how (bagaimana),” ungkap Punjul.

Pembuatan paper ini sifatnya wajib mengingat banyak SKPD yang tidak bisa menjelaskan program kerjanya sendiri. Sehingga, paper harus disusun kepada SKPD bersama kepala bidang dan kepala seksinya.

“Paper ini akan benar-benar membantu. Misalnya bulan Maret ada agenda yang membutuhkan lelang, Januari atau Februari sudah harus dipikirkan lelangnya. Jadi tahapan-tahapannya menjadi jelas,” jelas Punjul.

Punjul berpesan penyusunan paper harus cermat karena seluruh agenda kerja ada di sana. Tidak boleh asal-asalan sehingga akan menyulitkan SKPD bersangkutan.-