Siswi SMAN 1 Kepanjen Wakili Jatim di OSN Nasional

0
124
Waka Humas SMAN 1 Kepanjen, Lukman Huri (fia)

MALANGVOICE – Siswi SMAN 1 Kepanjen, Yunita Nur Maulidah Rohmah, bersama tujuh perwakilan dari SMA se-Jawa Timur, mewakili propinsi ini pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional di Palembang, 15-21 Mei. Dari Kabupaten Malang sendiri, ada dua siswa yang mewakili Jawa Timur di ajang bergengsi itu.

Waka Humas SMAN 1 Kepanjen, Lukman Huri, menjelaskan Yunita mewakili OSN untuk bidang ekonomi. Setelah mendapatkan pengumuman lolos tadi malam, sekolah segera menyiapkan pelatihan untuk siswa agar bisa lolos di tingkat nasional.

“Ada beberapa langkah yang disiapkan, yaitu persiapan untuk penelitian ilmiah dan karya tulis yang menjadi pra syarat. Pembimbingan dilakukan mulai besok hingga mendekati hari H,” jelasnya.

Yunita sendiri merupakan satu diantara siswa SMAN 1 Kepanjen yang berhasil memboyong 10 piala OSN tingkat Kabupaten ke sekolah dan selanjutnya mewakili kota/kabupaten mengikuti OSN tingkat provinsi. Kemenangan kali ini merupakan kali ketiga.

Sebelumnya, SMAN 1 Kepanjen sudah pernah menembus tingkat nasional untuk bidang matematika dan kebumian.

“Kalau Matematika sudah agak lama dan masuk 5 besar OSN Nasional. Sedangkan kebumian baru dua tahun lalu,” imbuhnya.

Di OSN sendiri ada beberapa bidang yang diujikan diantaranya Matematika, Kebumian, Geografi, Kimia, Fisika, Ekonomi, Biologi dan Komputer. Jika lolos di tingkat nasional, selanjutnya akan diuji kembali untuk mengikuti tingkat internasional.

“Target kita lolos nasional dulu,” tukas pria berkacamata ini kepada MVoice.