Sinergi Pertanian, Panen di Jabung Naik 100 Persen

0
31
Suasana panen raya oleh anggota TNI, dinas, dan warga di Jabung (fathul)

MALANGVOICE – Kodim 0818, Yonif Linud 502/Ujwala Yudha, Brigif Yonif 18/K, dan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang bersinergi mendukung swasembada pangan hingga mampu meningkatkan panen jagung hingga 100 persen.

Kepala Dinas Pertanian, Tomie Herawanto, kaget dengan perolehan hasil panen jagung di Desa Kemantren, Kecamatan Jabung itu. Pasalnya, biasanya 1 hektar hanya mampu panen 4 ton, saat ini bisa panen sampai 8 ton.

“Kami terbantu dengan keikutsertaan TNI dalam pembangunan pertanian ini. Karena mereka bukan hanya membantu pemikiran, tapi langsung tenaga prajuritnya diturunkan,” ungkap Tomie kepada wartawan.

Dandim 0818, Letkol Inf Riksany Gumai, mengatakan, ada 75 hektar se Kabupaten Malang yang didukung TNI untuk program swasembada dan ketahanan pangan di Kabupaten Malang. Saat ini, yang dilakukan panen bersama sebagai contoh hanya 1 hektar.

“Jadi betul, dengan penanaman jagung yang terencana, dan pakai bibit P35, kenaikan panennya jadi lebih maksimal. Dengan masa tanam 3 bulanan, berarti petani bisa panen 4 kali dalam setahun,” papar Riksany.

Dari Linud Yonif 502 bahkan juga menyediakan lahan untuk ditanami jagung ini. Termasuk menurunkan pasukan tempurnya ke sawah secara langsung. Sehingga program presiden yang didukung Panglima TNI itu dapat sukses.