Sidak Disnaker, ER Minta Naikkan Kapasitas Pekerja Miskin

0
50
Eddy Rumpoko
Eddy Rumpoko (Fathul)

MALANGVOICE – Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, berharap Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) tidak hanya bekerja menyalurkan bantuan kemasyarakatan, tapi juga meningkatkan kapasitas mereka.

“Dinas harus mampu memberikan fasilitas untuk itu. Jadi masyarakat miskin tidak hanya diberikan modal, tapi ditingkatkan kapasitasnya,” ungkap lelaki yang akrab disapa ER itu kepada MVoice.

Ia mencontohkan, terkait pekerja yang mencari penghidupan di Kota Batu, selain gaji harus distandarkan sesuai Upah Minimum Kota (UMK), juga harus diberi kesempatan meningkatkan kapasitasnya.

Harapan ER, mereka tidak boleh bekerja terus menerus dalam posisi rendah tanpa naik ke jenjang berikutnya. Cleaning sevice misalnya, lanjut ER, tahun depan harus sudah memiliki pekerjaan yang lebih. Tidak boleh dari tahun ke tahun terus menjadi satpam atau cleaning service.

“Sinergi dengan dinas pendidikan juga penting. Misalnya mendata, lulusan SMA itu mau kuliah atau bekerja. Itu diarahkan, kalau nggak mau kuliah, didik agar jadi wirausaha,” tandasnya.