Siapkan Paskibra, Satpol PP Batu Seleksi 300 Siswa

0
106
Seleksi pertama yang dilakukan tim gabungan dari Satpol PP di sekolah-sekolah (istimewa)
Seleksi pertama yang dilakukan tim gabungan dari Satpol PP di sekolah-sekolah (istimewa)

MALANGVOICE – Meski peringatan Hari Kemerdekaan RI masih dua bulan lagi, namun pasukan pengibar bendera (Paskibra) sudah mulai dipersiapkan, karena mereka butuh latihan dan disiplin ketat agar tampil sempurna.

Salah satu tim seleksi, Bambang Wahyudi, mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan 300 siswa SMA dari 24 sekolah untuk diseleksi lagi. Sejak dua minggu lalu, pihaknya sudah berkeliling sekolah menengah atas, mencari siswa yang tepat menjadi Paskibra.

“Kami butuh yang sesuai persyaratan sehingga jauh-jauh hari sudah melakukan seleksi. Misalnya untuk tinggi badan, bagi siswa minimal 165 Cm dan bagi siswi 160 Cm. 300 siswa ini sudah memenuhi syarat pertama,” ungkap Bambang kepada MVoice melakui selulernya, beberapa menit lalu.

Selain itu, mereka juga harus sehat jasmani dan rohani, menguasai sikap sempurna, dan punya kemampuan mengikuti aba-aba untuk baris-berbaris. Dari 300 siswa ini, bakal dipilih 72 siswa saja untuk dikarantina menjadi Paskibra.

“Kita akan datangkan tim medis juga memeriksa siswa-siswi yang terpilih, karena latihannya lumayan sehingga jangan sampai terjadi apa-apa saat membawa bendera nanti,” tandasnya.

Rencananya upacara kemerdekaan akan dilaksanakan di Stadion Brantas sebagaimana tahun-tahun lalu. Karena di stadion ini juga sudah didapat formasinya karena sering dilakukan upacara. Jika harus dipindah ke Block Offic, lanjutnya, maka latihan ekstra akan dibutuhkan.