Semua Puskesmas Harus Punya Program Unggulan

0
59
Bupati Rendra Kresna melihat simulasi pelayanan ibu melahirkan di Puskesmas Turen

MALANGVOICE – Dinas Kesehatan Kabupaten Malang mendorong 39 Puskesmas yang ada di Kabupaten Malang masing-masing memiliki program unggulan untuk meningkatkan indeks kepuasan pasien terhadap instansi kesehatan milik pemerintah ini.

Bupati Malang, Rendra Kresna mengatakan, program unggulan adalah langkah bagus dan harus benar-benar dijalankan agar indeks kepuasan masyarakat terhadap puskesmas bisa meningkat.

“Berdasarkan data terakhir, indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan puskesmas mencapai 75 persen. Diharapkan bisa meningkat dengan program berubahan status menjadi Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD),” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Abdurrachman menambahkan, untuk meningkatkan layanan kepada warga, Dinas Kesehatan mendorong setiap puskesmas memiliki ciri khas masing-masing dan beberapa titik sudah melakukan hal tersebut diantaranya Puskesmas Dau dengan konsep puskesmas wisata dan Puskesmas Turen dengan program home care.

Home care milik Puskesmas Turen sendiri adalah program layanan medis kepada masyarakat yang membutuhkan dalam bentuk kunjungan ke rumah. Dimana pasien yang tidak mungkin berobat ke Puskesmas akan idatangi ke rumah oleh tim medis dari Puskesmas Turen.
“Program ini masuk di top 99 inovasi layanan publik terbaik,” ucap dia.