Sempat Kesulitan Tembus Nasabah Emerald

0
77
Tundung Subali
Tundung Subali (Hamzah)

MALANGVOICE – Direktur Politeknik Negeri Malang (Polinema) Dr. Ir. Tundung Subali Patma, MT mengaku sempat kesulitan dalam mengumpulkan nasabah Bank BNI level emerald atau yang memiliki tabungan di atas Rp 1 miliar. Ia harus meminta bantuan pihak Bank BNI dalam menggali data.

“Pada umumnya mereka itu tidak mau ditemui dan sulit sekali diakses,” kata Tundung usai ujian disertasi beberapa menit lalu.

Tanpa bantuan Bank BNI, ia tidak yakin dapat mengumpulkan 141 responden yang masuk kategori nasabah emerald dan bisa membagikan angket untuk proses penelitiannya.

“Adanya bantuan BNI yang sudah rela mengirimkan data dan mengirim kuisioner kepada mereka,” imbuhnya.

Disertasi dengan judul ‘Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Switching Barrier Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan dan Retensi Pelanggan (Studi Pada Nasabah BNI Emerald di Jawa Timur) ini digarap selama 5,5 tahun dan akhirnya berhasil dipertahankan di hadapan penguji.

“Kenapa saya memilih bisnis padahal background saya teknik, karena dengan merangkap sebagai Direktur Polinema saya harus bisa mengembangkan keilmuan dan juga praktik dalam membesarkan kampus,” tuturnya.