Sempat Belajar Lagi, Pengawas Dindik Santai Ikuti UKG

0
26
Salah satu pengawas sekolah saat mengikuti Uji Kompetensi Guru di SMAN 1 Batu (fathul)

MALANGVOICE – Uji Kompetensi Guru (UKG) dimulai hari ini di beberapa lokasi yang berbeda. Seperti di SMAN 1 Batu misalnya, 60 guru mengikuti UKG dibagi menjadi 3 gelombang berbeda.

“Per gelombang ada 20 guru yang ikut, pertama pukul 08.00 WIB, kedua pukul 11.00 WIB, dan terakhir nanti pukul 14.00 WIB. Masing-masing gelombang dibatasi waktu 2 jam,” ungkap Penanggungjawab UKG, Khusaini.

Secara keseluruhan, pelaksanaan UKG selain di SMAN 1 juga ada di empat tempat lainnya. Yakni SMK Islam, SMP Widyatama, SMP Islam 01, dan SMPN 1 Batu.

“Uji Kompetensi Guru ini dilaksanakan sejak hari ini hingga Senin mendatang. Jadi setiap hari ada UKG. Untuk di SMAN 1 sendiri, total ada 490 guru,” tambahnya.

Salah satu Pengawas Sekolah Dasar Dindik Batu, Sugiarto, mengatakan soal yang diujikan bervariasi terkait tugas pokok dan fungsi pengawas. Pagi ini, peserta UKG memang hanya khusus pengawas.

“Saya ada 80 soal, tampaknya pengawas yang ada yang lebih banyak atau lebih sedikit. Perguru beda-beda, sudah tersistem dari komputernya,” jelas Sugiarto.

Sebelum mengikuti UKG, Sugiarto mengaku sempat belajar lagi teori-teori pengawas sekolah dari buku pegangan. Namun pertanyaan yang ada, tambahnya, hanya berupa pelaksanaan tugas sehari-hari saja.

“Misalnya bagaimana pendidikan berbasis budaya itu, ada pilihannya. Kemudian pendidikan yang mengamalkan pancasila itu seperti apa,” jelasnya.

Dari pantauan MVoice, 20 guru yang mengikuti UKG tidak terlampau bingung. Mereka dengan santai mengerjakannya hingga selesai, berbeda dengan pelaksanaan UN bagi siswa.