Sehat dan Ceria Bersama KKN 144 UMM

0
10
Anak Anak mencuci tangan (istimewa)

MALANGVOICE – Menjaga kesehatan penting dilakukan agar senantiasa terhindar dari kuman dan penyakit. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 144 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang bertempat di Desa Putat Kidul, Kecamatan Gondanglegi, mengadakan penyuluhan mengenai cuci tangan dan gosok gigi dengan benar, hari ini.

Acara itu dilakukan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Putat Kidul 01 serta SDN Putat Kidul 02 dan diikuti sebanyak 50 siswa kelas satu SD.

Kepala Sekolah SDN Putat Kidul 02, Sholihah, mengatakan, kegiatan penyuluhan yang diadakan sangat baik sekali karena hal itu perlu dilakukan untuk membimbing para siswa terkait pentingnya menjaga kesehatan sejak dini.

Dia menambahkan, pengajaran mengenai cuci tangan dan gosok gigi memang sudah dilakukan oleh pihak sekolah, namun kebanyakan para siswa lebih bersemangat apabila yang memberikan penyuluhan adalah mahasiswa KKN.

“Metode pembelajaran yang diberikan mahasiswa KKN lebih menarik, sehingga para siswa cukup semangat untuk mengikuti kegiatan itu. Saya sangat berterimakasih kepada mahasiswa KKN karena telah melakukan kegiatan yang bermanfaat dengan menggunakan metode belajar yang cukup disukai para siswa,” ujarnya.

Bidan Desa setempat, Farida Hariyani mengungkapkan, kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa KKN sangat membantu, karena dapat menunjang dan memperkenalkan program-program kesehatan desa. Dengan adanya penyuluhan mengenai cuci tangan dan gosok gigi, siswa mendapatkan ilmu dan wawasan secara luas.

Terpisah, Ketua Pelaksana penyuluhan, Arifatul Jannah mengugkapkan tujuan diadakan acara itu adalah untuk memberikan pengetahuan kepada para siswa agar senantiasa menjaga kesehatan.

Kesehatan tidak hanya dimulai dari lingkungan keluarga dan masyarakat saja, tetapi juga dimulai dari diri sendiri. Cara penyampaian materi kepada para siswa dilakukan dengan metode pembelajaran menyanyi dan bermain.

“Kami menggunakan metode tersebut agar mudah diterima dan diingat para siswa,” ujar mahasiswa Program Studi Kedokteran UMM angkatan 2013 itu.

Sholihah juga berharap agar acara ini diselenggarakan tidak hanya pada saat adanya mahasiswa KKN saja, tetapi juga harus berkelanjutan