Sebelum Maju Pimnas, PKM Direview Tim Monev Kemenristek Dikti

0
170
Proses review tim monev (anja)

MALANGVOICE – Hari ini tim monev eksternal Kemenristek Dikti mereview sebanyak 274 judul karya PKM (Pekan Karya Mahasiswa) dari Universitas Brawijaya dan Universitas Merdeka. Tujuan utama monev adalah mengukur kemajuan pelaksanaan PKM mahasiswa.

“Mereka akan di review sejauh mana pelaksanaan PKM mereka berjalan. Dana yang sebelumnya dihibahkan dikti sebesar 70 persen untuk penelitian tiap kelompok itu akan direview. Jadi kalo lolos review, tim tersebut mendapat undangan maju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas),” kata Sarjito Ssi Msi, wakil dekan 3 Fakuktas Matematika dan IPA UB kepada MVoice siang ini.

Ia menambahkan, peserta yang tidak lolos review dinyatakan PKM mereka telah selesai dan tidak mendapat undangan Pimnas di Institut Pertanian Bogor.

Ada juga nilai yang harus dipenuhi peserta PKM. Yang mendapat nilai terendah dari nilai rentang 100-700 terpaksa harus mengembalikan uang hibah Dikti penelitian.

“Rata-rata untuk PKM mereka bisa dapat Rp 7,5 juta. Kalau tidak lolos dan nilainya tidak bagus ya berarti harus mengembalikan,” katanya

Ia mengatakan, seharusnya Politeknik Negeri Malang dan Universitas Islam Malang juga direview, hanya saja karena terkendala kesiapan maka pelaksaan review di dua kampus itu ditunda terlebih dahulu.

“Jadi hanya dua kampus ini yang ikut,” tutupnya.